Studi Universitas Pennsylvania: Konsumsi Ikan Naikkan IQ Anak hingga 4 Poin
Kebiasaan mengonsumsi ikan sejak dini terbukti secara ilmiah dapat meningkatkan kecerdasan anak.
Para peneliti dari Universitas Pennsylvania menemukan bahwa anak yang rutin makan ikan memiliki skor IQ lebih tinggi dibandingkan yang jarang atau tidak mengonsumsinya.
>>> Bank Indonesia Catat Penjualan Eceran Mei 2026 Masih Terkontraksi
Perbedaan skor IQ mencapai 4 poin pada kelompok anak yang mengonsumsi ikan. Peningkatan ini berkaitan erat dengan kemampuan nutrisi ikan dalam memperbaiki kualitas tidur dan meningkatkan fokus anak.
Kualitas tidur yang baik menjadi faktor penghubung antara asupan ikan dan perkembangan kognitif jangka panjang.
Seorang peneliti menyatakan bahwa studi ini adalah yang pertama menunjukkan konsumsi ikan sering dapat mengurangi masalah tidur pada anak.
Para ahli kesehatan menyarankan orang tua membiasakan anak makan ikan sejak dini. Langkah awal bisa dengan menjadwalkan menu ikan minimal satu kali seminggu bagi anak yang kurang menyukainya.
Jenis Asam Lemak dan Pilihan Ikan yang Aman
Nutrisi utama ikan adalah asam lemak omega-3 rantai panjang, terutama EPA dan DHA. Asupan ini tidak hanya baik untuk kecerdasan otak, tetapi juga menyehatkan fungsi jantung.
Orang tua perlu cermat memilih ikan karena beberapa jenis mengandung merkuri tinggi yang berbahaya. Paparan merkuri berisiko bagi anak-anak, ibu hamil, menyusui, dan lansia.
Pilihan ikan dengan asam lemak tinggi namun rendah merkuri meliputi teri, capelin, char, hake, herring, mackerel Atlantik, mullet, pollock, salmon, smelt, trout pelangi, dan whitefish danau.
Seafood lain seperti kepiting biru, udang, kerang, remis, dan tiram juga menjadi alternatif baik.
>>> Pemerintah Susun RPPEM Nasional untuk Perkuat Tata Kelola Mangrove
Seluruh jenis ikan ini kaya akan vitamin D dan mineral seperti selenium, yodium, magnesium, besi, serta tembaga.
Update Terbaru
Lamine Yamal Lampaui Koleksi Gelar La Liga Cristiano Ronaldo
Kamis / 11-06-2026, 21:29 WIB
Piala Dunia 2026 Diprediksi Lahirkan Juara Baru, Belanda dan Jepang Jadi Ancaman
Kamis / 11-06-2026, 21:29 WIB
Jadwal Semifinal Piala AFF U-19: Indonesia vs Australia 11 Juni 2026
Kamis / 11-06-2026, 21:29 WIB
Jadwal Siaran Langsung Indonesia vs Australia di Semifinal Piala AFF U19 2026
Kamis / 11-06-2026, 21:28 WIB
OJK Catat Pembiayaan Kendaraan Listrik Tembus Rp23,39 Triliun per April 2026
Kamis / 11-06-2026, 21:28 WIB
Tiga Perusahaan Kolaborasi Perkuat Ekosistem Zakat Digital Indonesia
Kamis / 11-06-2026, 21:28 WIB
Pemerintah Tidak Tetapkan 15 Juni 2026 Sebagai Hari Libur Nasional
Kamis / 11-06-2026, 21:28 WIB
OJK Wajibkan Spin Off Unit Usaha Syariah Multifinance, Ini Kriterianya
Kamis / 11-06-2026, 21:28 WIB
Sarwendah Tan Puncaki Google Trends Global pada Juni 2026
Kamis / 11-06-2026, 21:22 WIB
Ruben Onsu Pertimbangkan Gugat Hak Asuh Anak dari Sarwendah
Kamis / 11-06-2026, 21:21 WIB
Toy Story 5 Dapat Pujian dari Penonton Perdana
Kamis / 11-06-2026, 21:21 WIB
iQOO Flagship Days Sale: Diskon iQOO 15, 15R, dan Neo 10
Kamis / 11-06-2026, 21:21 WIB
Nova Arianto Turunkan Mathew Baker Hadapi Australia di Semifinal
Kamis / 11-06-2026, 21:21 WIB
Ernando Ari Sepakati Kontrak Jangka Panjang Bersama Persebaya Surabaya
Kamis / 11-06-2026, 21:20 WIB






