Jadi Ujung Tombak Perekonomian Nasional, Kota Ini Bakal Pisah dari Kepri Bentuk Provinsi Khusus! Niat Fokuskan Ekonomi Negara?

Jadi Ujung Tombak Perekonomian Nasional, Kota Ini Bakal Pisah dari Kepri Bentuk Provinsi Khusus! Niat Fokuskan Ekonomi Negara?

Batam City Square Mall--

VIV.co.id - Dalam sorotan publik, kabar mengenai rencana Batam untuk memisahkan diri dari Kepulauan Riau (Kepri) menjadi topik menarik untuk diulas lebih mendalam.

Jika kabar ini benar-benar terealisasi, pertanyaan yang muncul adalah, daerah mana yang akan bergabung dengan Batam untuk membentuk provinsi baru? Wacana ini tidak sekadar isu semata, karena telah ada sejumlah pihak yang mengusulkan pemekaran ini.



Usulan tersebut semakin mendapat dukungan seiring dengan munculnya isu dualisme antara Badan Pengusahaan (BP) Batam dan Pemerintah Kota Batam.

Kota Batam sendiri sempat menghadapi tantangan saat berubah dari status Free Trade Zone (FTZ) menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Baca juga: Wajib Baca! Update Chapter 24 Manhwa The Beast Within, Ray Temukan Kejanggalan Baru, Jangan di Mangatoto!


Dalam konteks ini, rencana pemisahan menjadi provinsi baru menjadi isu menarik yang patut disimak.

Sebagai gambaran, saat ini jumlah penduduk Batam mencapai 1.193.088 jiwa dengan luas wilayah mencapai 1.595 km2.

Dalam rencana pemisahan ini, Batam diusulkan untuk membentuk Daerah Otonom Baru (DOB) dalam bentuk provinsi khusus.

Jika ini terealisasi, maka akan terbentuk Provinsi Khusus Batam, sebuah konsep yang tidak jauh berbeda dengan status DKI Jakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan Provinsi Aceh.

Menilik potensi pemekaran ini, saat ini Batam memiliki 12 kecamatan yang kemungkinan besar akan dimekarkan menjadi 20 kecamatan jika rencana pemisahan dan pemekaran provinsi berhasil diimplementasikan.

Baca juga: Ghani Dihadapkan Dua Pilihan Harus Membunuh Nuna Atau Nyawanya Melayang, Sinopsis Cinta Tanpa Karena Hari ini 29 Agustus 2023 dan Link Nonton

Sumber:


×

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya