Menyimpan Kisah Kelam? Kampung Unik di Jawa Tengah Terkenal Konglomerat Sejak Jaman Bahela, Berkat Tak Pernah Bayar Pajak? Benarkah

Menyimpan Kisah Kelam? Kampung Unik di Jawa Tengah Terkenal Konglomerat Sejak Jaman Bahela, Berkat Tak Pernah Bayar Pajak? Benarkah

Mengungkap Keunikan 5 Kecamatan Tersepi di Kabupaten Jember: Semboro Bukan yang Pertama!-Ivan Samudra's/unplash-

Menurut Samin Surosentiko, Belanda seharusnya menjadi tamu yang baik dan menghargai keberadaan tuan rumahnya.

"Belanda itu di Indonesia kan tamu, tapi tamu kok mengatur yang punya rumah," tegasnya.



Namun semenjak Indonesia merdeka, warga Sedulur Sikep telah taat membayar pajak karena diatur oleh pemerintah Indonesia yang dipilih oleh bangsa sendiri.

Meskipun asalnya dari Blora, kelompok Sedulur Sikep dapat ditemukan di berbagai kabupaten di Jawa Tengah seperti Kudus, Grobogan, Bojonegoro, hingga Pati.

Mereka hidup sejahtera berkat sawah puluhan hektar yang dimiliki dan dikelola dengan baik oleh kelompok-kelompok sikep yang adil dan teratur.


Baca juga: Terbaik Sejagad? 5 Mall Terkenal di PADANG, Punya Fasilitas Lengkap, Segala Brand Ternama Ada hingga Miliki Pelayanan Terbaik Setuju Gak?

Baca juga: Ataghfirulloh Bikin KALAP, 5 Mall Terbesar dan Terlengkap di Bekasi Wajib Dikunjungi, Ada Timezone hingga Kulineran

Baca juga: Wawancara Terakhir Moonbin ASTRO Sebelum Meninggal Sebut Sulit Memberikan Cinta Tanpa Syarat? Aroha Terpukul

Kampung sultan unik di Jawa Tengah ini menjadi sebuah contoh nyata bahwa hidup sederhana dan terbebas dari pengaruh materialisme bukanlah sesuatu yang mustahil, bahkan bisa membawa kemakmuran dan kedamaian bagi masyarakat.

 

Terlepas dari masa lalu yang enggan membayar pajak, saat ini warga Sedulur Sikep sudah taat membayar pajak karena diatur oleh pemerintah Indonesia yang sah.

 

Sumber:


×

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya