Menyimpan Kisah Kelam? Kampung Unik di Jawa Tengah Terkenal Konglomerat Sejak Jaman Bahela, Berkat Tak Pernah Bayar Pajak? Benarkah

Menyimpan Kisah Kelam? Kampung Unik di Jawa Tengah Terkenal Konglomerat Sejak Jaman Bahela, Berkat Tak Pernah Bayar Pajak? Benarkah

Mengungkap Keunikan 5 Kecamatan Tersepi di Kabupaten Jember: Semboro Bukan yang Pertama!-Ivan Samudra's/unplash-

Warga desa ini terorganisir dalam kelompok-kelompok yang disebut sikep, yang bertanggung jawab atas lahan sawah masing-masing.

Setiap sikep memiliki sistem pengelolaan dan pemakaian lahan yang teratur dan adil, sehingga lahan sawah yang dimiliki desa ini dapat dimanfaatkan secara optimal.



Meskipun enggan membayar pajak, warga desa Sedulur Sikep tetap hidup rukun dan damai, karena mereka percaya bahwa konflik dan perselisihan tidak akan membawa kebaikan bagi siapa pun.

Oleh karena itu, warga desa ini dikenal sebagai masyarakat yang sangat toleran dan menjunjung tinggi nilai-nilai kebersamaan.

Baca juga: Teks Khutbah Sholat Gerhana Matahari PDF Beserta Link Download Versi Kementerian Agama JATIM


Baca juga: Sempat Seru-Seruan Bareng Shin B, Moonbin ASTRO Ditemukan Tewas di Rumahnya, Polisi Sebut Bunuh Diri?

Baca juga: Keterangan Polisi Sebut Penyebab Kematian Moonbin ASTRO, Proses Otopsi Masih dipertimbangkan

Kampung Sultan unik di Jawa Tengah ini menjadi bukti bahwa hidup sederhana dan terbebas dari pengaruh materialisme bukanlah sesuatu yang mustahil, bahkan bisa membawa kemakmuran dan kedamaian bagi suatu masyarakat.

Berdasarkan penuturan seorang warga, Samin Surosentiko, sosok yang menjadi leluhur masyarakat di kampung sultan unik di Jawa Tengah ini, pernah ditangkap oleh Belanda karena enggan membayar pajak.

 "Mbah Samin pada tahun 1997 ditangkap oleh Belanda karena menolak untuk membayar pajak. Oleh karena itu, Belanda selalu menolak kebijakan yang diusulkan oleh Mbah Samin," tuturnya.

Cek pada halaman berikutnya,

Sumber:


×

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya