Waduh! Pemekaran Kepulauan Riau akan Hasilkan Provinsi Khusus Seperti DKI Jakarta dan DIY, Ada Dampak Tersendiri?

Waduh! Pemekaran Kepulauan Riau akan Hasilkan Provinsi Khusus Seperti DKI Jakarta dan DIY, Ada Dampak Tersendiri?

batam-jeniffertn/pixabay-

VIV.co.id - Perkembangan terkini di dunia pemerintahan mencuatkan isu menarik seputar kota Batam yang katanya akan meraih kemerdekaan dari Kepulauan Riau (Kepri).

Isu ini menjadi sorotan, lantas wilayah mana yang akan berlayar bersama Batam untuk membentuk provinsi baru?



Namun, isu ini tidak sekadar kabar angin. Sudah banyak pihak yang mengusulkan hal ini, dan usulan ini mendapat perhatian khusus.

Konsep pemisahan ini semakin kuat karena adanya dualisme antara Badan Pengusahaan (BP) Batam dan Pemerintah Kota (Pemko) Batam.

Sejarah mencatat bahwa Kota Batam menghadapi tantangan saat perubahan status dari Kawasan Bebas (FTZ) menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).


Baca juga: Ikatan Cinta Hari ini 29 Agustus 2023: Kedatangan Arumi Membuat Mama Rossa Kehilangan Kesadaran

Di balik itu, terdapat potensi besar yang menanti perkembangan Batam, dengan populasi mencapai 1.193.088 jiwa dan wilayah seluas 1.595 km2.

Kota yang berdekatan dengan Singapura ini menawarkan gagasan pembentukan Daerah Otonom Baru (DOB) berupa provinsi khusus.

Seandainya terwujud, akan tercipta Provinsi Khusus Batam, yang sebanding dengan kasus DKI Jakarta, DIY, dan Aceh.

Kini, Batam memiliki 12 kecamatan yang mungkin akan diubah menjadi 20 bila rencana membentuk provinsi baru ini berhasil. Berdasarkan berbagai sumber, berikut adalah 12 kecamatan yang ada di Batam:

Baca juga: Deretan 7 Daerah di Riau dengan Angka Perceraian Paling Tinggi, Banyak Janda Berkualitas? Duda Segera Merapat!

Sumber:


×

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya