Pemekaran Kabupaten Buleleng Barat! 5 Kecamatan Ini Putuskan Pindah dan Gusur Singaraja Jadi Ibukota, Benarkah?

Pemekaran Kabupaten Buleleng Barat! 5 Kecamatan Ini Putuskan Pindah dan Gusur Singaraja Jadi Ibukota, Benarkah?

Bali -guillaume/unplash-

Untuk mengatasi hal ini, muncul usulan untuk memekarkan kabupaten tersebut guna pemerataan pembangunan. Luas wilayah kabupaten tersebut mencapai 1.332,68 km persegi.

Selain memiliki luas wilayah yang besar, kabupaten ini juga menjadi daerah dengan jumlah penduduk terbanyak di Bali.



Pada tahun 2022, jumlah penduduknya mencapai 825,1 jiwa, dengan jumlah laki-laki sebesar 424,2 jiwa dan perempuan sebesar 410,4 jiwa.

Diproyeksikan bahwa pada tahun 2023, jumlah penduduknya akan bertambah menjadi 834,9 jiwa. Kabupaten ini terbagi menjadi 9 kecamatan, 129 desa, dan 19 kelurahan.

Salah satu provinsi di Indonesia yang terkenal dengan berbagai wisata ini ternyata terdiri dari 8 kabupaten dan 1 kotamadya.


Luas wilayah provinsi ini mencapai 5.590,15 km persegi, dan Denpasar menjadi ibu kotanya. Tidak terlepas dengan adanya berbagai isu mengenai sejumlah daerah yang menunjukkan adanya pemekaran. 

Bali kini juga kini menjadi salah satu provinsi yang berpotensi menjadi salah satu daerah yang juga akan segera lakukan pemekaran. 

Namun, terdapat satu kabupaten yang terletak sekitar 86 km dari Denpasar dan memiliki luas wilayah yang dianggap terlalu besar.

Dampak dari luas wilayah yang besar tersebut adalah pembangunan yang terjadi menjadi tidak merata, karena pusat pemerintahan terlalu jauh dari daerah-daerah yang lebih terpencil.

Sumber:


×

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya