Satelit SATRIA 1 Indonesia Telah Luncur Bersama Roket Falcon 9 SpaceX Milik Perusahaan Elon Musk

Satelit SATRIA 1 Indonesia Telah Luncur Bersama Roket Falcon 9 SpaceX Milik Perusahaan Elon Musk

Satelit SATRIA 1 Indonesia Telah Luncur Bersama Roket Falcon 9 SpaceX Milik Perusahaan Elon Musk-jokowi/instagram-

VIV.co.id - Kini, Satelit SATRIA 1 milik Indonesia telah meluncur ke orbit bersama dengan roket Falcon 9 Space X dari perusahaan milik Elon Musk.

Satelit SATRIA 1, yang merupakan satelit internet multifungsi pertama milik pemerintah terbesar di Asia, merupakan salah satu langkah yang diambil oleh pemerintah Republik Indonesia untuk mewujudkan pemerataan pembangunan infrastruktur digital di seluruh wilayah.



Baca juga: Bukan Sekedar Nama Daerah! Ternyata 5 Kabupaten di Jawa Barat Ini Berasal dari Singkatan, Simak Asal Usulnya Dibawah Ini

Baca juga: Harta Banyak di Atas Rata-Rata ini 5 Daerah Pabrik Orang Kaya di Banten, Sayang Banget Tangerang Bukan Juaranya, Hayo Bisa Menebak yang Mana?

Baca juga: Kabupaten Purworejo Kepanjangannya Apa? Simak 5 Kabupaten di Jawa Tengah yang Berasal dari Singkatan, Nomor Satu Sarat Makna


Satelit SATRIA 1 akan ditempatkan di orbit 146⁰BT, tepat di atas wilayah Papua. Peluncuran satelit ini dilakukan pada Minggu pukul 18.21 waktu Florida, Amerika Serikat, atau Senin 19 Juni 2023 pukul 05.21 WIB.

Peluncuran satelit SATRIA 1 dilakukan menggunakan roket Falcon 9 milik perusahaan SpaceX, yang didirikan oleh Elon Musk. Peluncuran tersebut berjalan sesuai jadwal yang telah ditetapkan, dan kondisi cuaca di lokasi peluncuran pun cerah.

Baca juga: LINK Pengumuman Hasil UTBK SNBT 2023, Hari ini Selasa 20 Juni 2023 Pukul 15.00 WIB

Baca juga: Jangan Kaget Mimika dan Merauke Ternyata Bukan Kabupaten Teramai di Tanah Papua Karena Juara Satunya Dihuni 300.192 Jiwa Mantap!

Baca juga: Waw Bikin Betah Belanja! Simak 5 Mall Terbesar dan Termegah di Tegal, Nomor Satu Mall Kesayangan Anak-anak Loh

Menurut hasil studi terbaru dari BAKTI Kementerian Komunikasi dan Informatika pada tahun 2023, satelit SATRIA 1 akan memberikan layanan di sekitar 50.000 titik dengan kapasitas hingga 150 Gbps.

Kecepatan internet yang ditawarkan oleh SATRIA 1 telah mengalami peningkatan dari perkiraan awal saat proyek ini pertama kali diumumkan pada tahun 2018, di mana setiap titik diharapkan memiliki kecepatan 1 Mbps.

Dengan hadirnya satelit SATRIA 1, diharapkan akses internet dapat dinikmati secara lebih merata dan luas di berbagai wilayah di Indonesia, sehingga dapat mendukung perkembangan dan pemerataan akses digital di negara ini.

Sumber:


×

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya