Kabar Terbaru Erupsi Gunung Ruang Sampai Waspada IV hingga Berpotensi Tsunami Usai 944 Kali Gempa dalam Satu Hari! hingga Buat Warga Jepang Khawatir?

Kabar Terbaru Erupsi Gunung Ruang Sampai Waspada IV hingga Berpotensi Tsunami Usai 944 Kali Gempa dalam Satu Hari! hingga Buat Warga Jepang Khawatir?

Kabar Terbaru Erupsi Gunung Ruang Sampai Waspada IV hingga Berpotensi Tsunami Usai 944 Kali Gempa dalam Satu Hari! hingga Buat Warga Jepang Khawatir?-Berbagai Sumber-

VIV.co.id - Kabar Terbaru Erupsi Gunung Ruang Sampai Waspada IV hingga Berpotensi Tsunami Usai 944 Kali Gempa dalam Satu Hari! hingga Buat Warga Jepang Khawatir?

Potret Mengerikan Gunung Ruang Erupsi hingga Kegempaan Sampai 944 Kali dalam Sehari, Waspada Berpotensi Tsunami?



Letak dan Lokasi Gunung Ruang Ada di Mana? Berpotensi Tsunami hingga Siaga AWAS IV, Alami Kegempaan Sampai 944 Kali Sehari

Baca juga: Link dan Cara Daftar Rekrutmen PT KAI Posisi Management Trainee 2024, Berikut Kriteria dan Persyaratan, Beda dari Tahun Kemarin?

Gunung Ruang, salah satu gunung api aktif di Indonesia, terletak di Pulau Sulawesi Utara (Sulut).


Pada tanggal 16 April 2024, gunung ini mengalami erupsi, yang berdampak pada Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara, terutama di Desa Laingpatihe dan Desa Pumpente.

Gunung Ruang berlokasi di Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara. Berdasarkan berbagai sumber, erupsi terjadi pada Selasa, 16 April 2024. Dampaknya dirasakan di dua kecamatan tersebut, khususnya di Desa Laingpatihe dan Desa Pumpente.

Data dari PVMBG (Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi) menyebutkan bahwa Gunung Ruang kembali meletus pada Rabu, 17 April 2024, sekitar pukul 01.08 Wita.

Erupsi tersebut dipicu oleh gempa berkekuatan M 6,4 yang terjadi di Pulau Doi, Maluku Utara, pada Selasa, 9 April 2024.

Baca juga: Adegan Was-Was di Film Siksa Kubur Dalam Karakter yang Diperankan Faradina Mufti Bikin Hati dan Jantung Berasa Copot, Link Streaming Nonton di Sini!

Baca juga: Tarian Seblang Olehsari Digunakan Untuk Apa dan Setiap Hari Apa, Atau Acara Apa? Berikut Asal-usul dan Tujuannya

Baca juga: Apa Itu Tari Seblang Olehsari? Viral Tiktok Penari Lemas Takberdaya Usai Lakukan Upacara Sakral Tolak Bala

Perubahan status Gunung Ruang menjadi Level IV (AWAS) pada Kamis, 18 April 2024, dari sebelumnya Level III (Siaga) mengikuti peningkatan aktivitas vulkanik. Ini terkait dengan gempa tektonik yang mengguncang Pulau Doi di Maluku Utara.

lanjutan, lokasi dan potensi tsunami?

Sumber:


×

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya