Quote Ucapan Malam Lailatul Qadar & Kata Mutiara Menyentuh Hati Untuk Caption Sosmed atau Whatsapp WAWeb

Quote Ucapan Malam Lailatul Qadar & Kata Mutiara Menyentuh Hati Untuk Caption Sosmed atau Whatsapp WAWeb

masjid-dmytro/pexels-

Quote Ucapan Malam Lailatul Qadar & Kata Mutiara Menyentuh Hati Untuk Caption Sosmed atau Whatsapp WAWeb

Malam Lailatul Qadar, sebuah peringatan akan kedatangan malam yang dianggap lebih mulia daripada seribu bulan, merupakan momen yang patut disampaikan kepada keluarga, sahabat, kerabat, atau teman.



Baca juga: Lakukan Amalan Ini di 10 Hari Terakhir Bukan Ramadhan Agar Mendapatkan Pahala Berlipat Ganda, Tata Cara Sholat Lailatul Qadar

Baca juga: Ramadhan Bulan Suci Penuh Berkah, Berikut Tata Cara Melaksanakan Sholat Lailatul Qadar

Baca juga: Sajian Nikmat Ala Ramadhan Buat Hari Raya Makin Spesial, Resep Balado Kentang Ampela 


Baca juga: Kumpulan 35 Caption Buka Bersama Puasa Ramadhan 2024 Beserta Hastag Nyeleneh Bikin Ketawa Terpingkal-pingkal

Ucapan yang indah dan menyentuh hati diharapkan mampu menguatkan semangat untuk menyambut 10 hari terakhir Ramadhan.

Waktu pasti malam Lailatul Qadar merupakan rahasia Allah yang tak terungkapkan kepada manusia. Namun, Nabi Muhammad saw. telah menyiratkan bahwa malam yang penuh kemuliaan itu akan tiba pada 10 malam terakhir Ramadhan setiap tahunnya.

Dalam riwayat yang disampaikan oleh Ibnu Abbas, Nabi Muhammad saw. bersabda, "Carilah Lailatul Qadar pada 10 terakhir bulan Ramadhan, 9 tersisa, 7 tersisa, atau 5 tersisa." (H.R. Abu Daud).

Mengapa Lailatul Qadar begitu istimewa? Malam tersebut dianggap lebih mulia dari seribu bulan karena alasan-alasan berikut:

  1. Malam diturunkannya Al-Qur'an dari Lauh Al-Mahfuz ke Baitul Izzah (langit dunia).

Allah berfirman dalam Surah Al-Qadr:1, "Sesungguhnya Kami telah menurunkannya [Al-Qur’an] pada Lailatul Qadar."

  1. Malam yang dipenuhi dengan para malaikat.

Firman Allah dalam Surah Al-Qadr:4-5, "Pada malam itu turun para malaikat dan Rūḥ (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan."

  1. Malam ketika Allah menentukan segala keadaan satu tahun mendatang.

Allah bersabda dalam Surah Ad-Dukhan:44, “Pada malam tersebut [Lailatul Qadar] dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah."

  1. Malam yang penuh dengan maghfirah (pengampunan) dari Allah.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah, "Siapa yang mengerjakan ibadah pada malam Lailatul Qadar dengan iman dan ikhlas, maka diampuni dosanya yang telah lalu. Dan siapa yang berpuasa di bulan Ramadhan, dengan iman dan ikhlas, maka diampuni dosanya yang telah lalu,” (H.R. Bukhari dan Muslim).

Dengan keistimewaan Lailatul Qadar tersebut, umat Islam diharapkan untuk berlomba-lomba meraih amalan dalam 10 hari terakhir Ramadhan.

Bagi kalangan Muhammadiyah yang awal puasanya berlangsung pada Senin, 11 Maret 2024, 10 hari terakhir Ramadhan akan dimulai pada malam ke-21, bertepatan dengan Minggu, 31 Maret 2024.

Sementara itu, kalangan NU dan yang mengikuti hasil sidang isbat Kementerian Agama (Kemenag) tampaknya akan menjalani Ramadhan selama 29 hari.

Sebelum memasuki 10 malam terakhir Ramadhan, kita dapat menyebarkan kata-kata mutiara ucapan malam Lailatul Qadar kepada ibu, ayah, saudara, atau teman dekat. Kita juga dapat mengunggah ucapan penuh motivasi tentang Lailatul Qadar untuk mengingatkan sesama muslim akan pentingnya malam tersebut.

Sumber:


×

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya