Awas Modus Scam Penipuan! Chrono-60 Com Apk Investasi Online Apakah Aman Legal Terdaftar di OJK atau SCAM Penipuan

Awas Modus Scam Penipuan! Chrono-60 Com Apk Investasi Online Apakah Aman Legal Terdaftar di OJK atau SCAM Penipuan

Siapa Iwan Sulistiya? Profil dan Biodata Kades Wunut yang Beri THR Rp 400 Ribu ke 344 Warganya--

Penipuan investasi ilegal terus merajalela di masyarakat, dengan pelaku menggunakan berbagai modus untuk menjebak para korban.

Dalam sebuah sosialisasi tentang Waspada Investasi dan Pinjol Ilegal yang disampaikan melalui kanal Youtube IPB TV, Ketua Satgas Waspada Investasi (SWI), Tongam Tobing, menguraikan beberapa modus investasi ilegal yang patut diwaspadai.



Berikut adalah ringkasan modus-modus tersebut, pada Senin (21/11/2022):

Baca juga: LOKER Magang PT Kereta Commuter Indonesia, Program Praktik Kerja Lapangan PKL Mahasiswa Semester 6 atau 7 S1 dan D4

Baca juga: UPDATE Mercenary Enrollment 173 174 Bahasa Indonesia RAW ENG, Komik Mercenary Enrollment 173 174 Full Episode


Baca juga: Apakah Loker PT Sinar Duta Expres Penipuan atau Bukan? Cek Informasinya

  1. Binary Option

    Modus ini melibatkan trader yang diminta untuk memprediksi apakah harga suatu instrumen akan naik atau turun dalam jangka waktu tertentu. "Binary option ini sebenarnya judi yang menyamar sebagai trading, di mana seseorang diminta untuk menebak apakah harga akan naik atau turun dalam jangka waktu tertentu, mirip dengan judi," jelas Tongam.

  2. Robot Trading

    Modus ini menawarkan janji imbal hasil tetap dan komisi rekrutmen anggota baru. Perdagangan dilakukan secara otomatis tanpa campur tangan pengguna. Tongam menjelaskan bahwa meskipun sebenarnya alat ini diciptakan untuk membimbing kapan harus menjual atau membeli investasi, pelaku menarik deposit margin dari korban yang seringkali merupakan orang dengan latar belakang pendidikan dan memiliki deposit hingga puluhan miliar.

  3. Aset Kripto

    Tongam mengingatkan bahwa nilai investasi pada aset kripto bersifat fluktuatif dan tidak menjamin imbal hasil tetap. Ia juga menekankan agar masyarakat berhati-hati terhadap perdagangan kripto yang meminta deposit dan bunga, dengan memberikan imbal hasil dalam bentuk koin yang mungkin hanya laku di komunitas tertentu.

  4. Pig Butchering Scam

    Ini adalah jenis penipuan investasi kripto yang terjadi pada platform palsu dengan janji imbal hasil besar. Korban akan dimanipulasi agar menaruh modal dan dana mereka terkuras. "Biasanya, penipuan ini dimulai dengan perkenalan melalui media sosial, di mana data pribadi diminta dan bahkan dana tabungan bisa terancam," jelasnya.

  5. Penasehat Investasi Ilegal

    Tongam memberikan contoh kasus penasehat investasi ilegal yang terkenal seperti Jouska. Ia juga memperingatkan agar tidak melakukan kegiatan investasi dengan penasehat tanpa izin.

  6. Skema Money Game

    Skema ini menggunakan konsep "gali lubang tutup lubang," di mana semua orang, terutama yang sudah lama bergabung, merasa senang karena masih ada yang tertipu. "Money game di Indonesia sering diminati karena orang yang bergabung lebih awal akan mendapatkan keuntungan, sementara yang bergabung kemudian akan mengalami kerugian," ungkap Tongam.

Dengan demikian, masyarakat diingatkan untuk lebih waspada terhadap modus-modus investasi ilegal yang terus berkembang ini demi melindungi diri mereka dari risiko penipuan.

TAG:
Sumber:


×

Berita Lainnya