Jangan Panik! Ini Penyebab Kenapa HP Androidmu Mati dan Restart Sendiri, Segera Lakukan 9 Cara Ampuh Mengatasinya!

Jangan Panik! Ini Penyebab Kenapa HP Androidmu Mati dan Restart Sendiri, Segera Lakukan 9 Cara Ampuh Mengatasinya!

Hp-freephotocc/pixabay-

VIV.co.id - Tidak jarang bagi para pengguna perangkat berbasis sistem operasi seperti komputer dan smartphone mengalami kendala restart atau bahkan mati sendiri.

Saya pribadi pun pernah menghadapi situasi serupa, meskipun kejadian tersebut terjadi pada komputer saya bukan pada smartphone Android.



Ketika saya tengah berselancar di dunia maya, tiba-tiba saja komputer saya mati total. Setelah dilakukan pengecekan, ternyata suhu komputer telah mencapai tingkat yang berbahaya (overheat).

Masalah ini dapat timbul karena dua faktor utama, yakni faktor lingkungan yang memengaruhi suhu dan kinerja perangkat keras yang tak pernah diberi istirahat.

Baca juga: Apa Penyebab Jembatan Way Rarem Ambrol? Padahal Baru Dibangun 2 Bulan dan Habiskan Dana Rp 11 Miliar, Benarkah Karena Materialnya Murah?


Pengalaman saya ini terjadi di siang hari ketika suhu lingkungan terasa panas, dan secara otomatis suhu perangkat keras pun meningkat. Inilah yang menyebabkan komputer saya mengalami restart otomatis.

Namun, setiap orang mungkin menghadapi masalah yang berbeda-beda, dan penyebab masalah restart pada smartphone Android bisa bermacam-macam.

Terkadang, masalah berasal dari faktor perangkat lunak (software) yang mengakibatkan smartphone tiba-tiba restart. Untuk mengetahui penyebab dan solusinya, mari kita simak penjelasan mendalam berikut ini.

Baca juga: Link Streaming Cinta Setelah Cinta Makam ini 29 Agustus 2023: Starla Masih Terus Terbayang-Bayang Sosok Arya yang Telah Meninggal Dunia

  1. Penumpukan File Cache Berlebihan Setiap kali Anda menjalankan aplikasi, sistem akan menghasilkan file cache guna mempercepat akses data. Namun, file-file ini perlu dijaga agar tidak menumpuk terlalu banyak. Jika tidak dibersihkan secara berkala, file cache berlebihan dapat menyebabkan masalah pada smartphone, termasuk restart otomatis.

  2. Kerusakan Pada Aplikasi Aplikasi yang bermasalah, seperti sering mengalami error atau force close, bisa menjadi penyebab smartphone mengalami restart. Aplikasi dengan file yang tidak lengkap, rusak, atau tidak kompatibel dapat membuat sistem Android menjadi error. Bahkan, aplikasi yang berpotensi sebagai malware dapat merusak sistem dan memicu restart otomatis.

  3. Gangguan pada Sistem Android Gangguan pada sistem Android, baik akibat penghapusan file sistem yang tak sengaja atau korupsi pada file sistem, bisa menyebabkan sistem menjadi error dan restart otomatis. Adanya bugs pada sistem juga dapat mengakibatkan ketidakstabilan yang memicu restart otomatis.

  4. Perangkat Sudah Di-Root Meskipun rooting memberikan keleluasaan dalam mengakses sistem, namun juga membuka pintu risiko. Ada kemungkinan bahwa rooting menyebabkan terganggunya file sistem, yang mengakibatkan restart atau mati sendiri.

  5. Overload Pada Hardware Jumlah aplikasi yang berjalan secara bersamaan dapat menyebabkan overload pada hardware, seperti CPU, RAM, dan GPU. Jika hardware terbebani hingga batas maksimalnya, maka sistem akan berhenti bekerja dan smartphone akan restart.

  6. Panas Berlebihan (Overheat) Masalah panas berlebihan umumnya terjadi pada komponen baterai. Jika baterai menjadi panas, panas tersebut dapat menyebar ke komponen lain seperti RAM dan prosesor. Untuk mencegah kerusakan akibat panas berlebihan, smartphone dirancang untuk restart otomatis ketika suhu mencapai batas tertentu.

  7. Usia Smartphone yang Tua Smartphone yang telah digunakan lebih dari 3 atau 4 tahun biasanya sudah mengalami penurunan kualitas dan performa. Usia yang sudah lanjut dapat menyebabkan masalah seperti restart otomatis. Kehilangan efisiensi baca-tulis pada media penyimpanan sering terjadi setelah smartphone digunakan selama lebih dari 1 tahun.

  8. Game "Beta" Game versi beta atau percobaan bisa memicu restart otomatis pada smartphone. Game yang masih memiliki bugs atau tidak kompatibel dengan sistem dapat mengakibatkan error beruntun yang berujung pada restart.

  9. Terjadi Crash pada Aplikasi Pertabrakan antara aplikasi, terutama pada dua antivirus atau game Android, bisa menjadi penyebab restart. Kecocokan yang buruk antara file dapat menyebabkan restart otomatis pada upaya sistem memulihkan diri.

  10. Serangan Malware Malware atau virus merupakan ancaman yang ada di semua sistem operasi, termasuk Android. Malware yang menyerang bisa menyebabkan kerusakan sistem secara total. Salah satu dampaknya adalah restart otomatis, terutama jika malware mencoba mempengaruhi proses reboot pada sistem.

Baca juga: Ternyata Ini Dia Tampang 3 Oknum TNI dan Sipil yang Terlibat Kasus Penganiayaan di Aceh hingga Tewaskan Imam Masyku

Sumber:


×

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya