Bank Muamalat Tuan Rumah Forum Human Capital Perbankan Indonesia


PT Bank Muamalat Indonesia Tbk menjadi tuan rumah Forum Human Capital Perbankan Indonesia (FHCPI): Employee Engagement Universe dengan mengusung tema Engage – Produce – Grow.

Kegiatan yang dilaksanakan di Muamalat Tower Jakarta Selatan belum lama ini dihadiri oleh Irvandi Ferizal selaku ketua FHCPI beserta lebih dari 60 peserta HC Senior Leaders yang berasal dari 30 bank.
Irvandi mengatakan, event yang diselenggarakan oleh Bank Muamalat dan FHCPI ini memiliki nilai tambah yang luar biasa dalam dunia human capital. Sebab dalam situasi ketidakpastian bisnis, employee engagement menjadi kritikal dalam memastikan ketahanan suatu organisasi.

“Dengan kehadiran milenial di tataran kepemimpinan organisasi dan centenial (Gen Z) sebagai newbees, pendekatan employee engagement telah berevolusi juga,” katanya.

Acara ini dibuka oleh Direktur Utama Bank Muamalat Achmad K. Permana. Adapun bertindak selaku pembicara yaitu Chief Human Capital Officer Bank Muamalat Riksa Prakoso yang membawakan tema ‘Engagement to Drive Optimum Result’ dan Managing Partner Engage Rocket Audi Lumbantoruan yang membawakan tema ‘Diagnostic HR Maturity’.

Riksa mengatakan, Forum Human Capital Perbankan Syariah ini merupakan salah satu agenda strategis dalam pengembangan human capital di industri perbankan di Indonesia. Apalagi di era digital yang begitu dinamis seperti saat ini peran human capital dibutuhkan dalam menunjang keberlanjutan sebuah organisasi.

“Organisasi yang mengimplementasikan strategi ‘People First’ dari end-to-end prosesnya pastinya lebih agile dalam menghadapi tantangan saat ini. Seperti halnya di Bank Muamalat kami hadir sebagai bank syariah pertama di Indonesia yang mengimplementasikan sharia and people first dari end-to-end setiap kebijakan,” ujarnya.

Sebagai informasi, Bank Muamalat membangun budaya kerja berdasarkan nilai IDEAL (Islami, Modern, dan Professional). Nilai tersebut kemudian diturunkan menjadi tiga kebijakan yaitu engagement secara spiritual, engagement secara emosional, dan engagement secara rasional.

Atas inisiatif tersebut, baru-baru ini Bank Muamalat mendapatkan penghargaan Indonesia Human Capital Award VIII 2022 dan Direktur Utama Bank Muamalat Achmad K. Permana didapuk sebagai The Best President Director Commitment to Human Capital.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *